Tips Traveling Versi Jakarta Outdoor

                            Tips Sederhana yang Penting Dilakukan Selama Travelling       

            Menjalankan hobi memang merupakan hal yang mengasyikkan dan menyenangkan bagi semua orang. Karena menjalankan hobi bukan hanya sekedar menjalankan aktivitas sehari-hari, tapi juga menyalurkan bakat atau minat kita terhadap suatu hal. Hobi orang memang bermacam-macam. Mulai dari hobi yang dapat menghasilkan rupiah seperti budidaya ikan hias atau hewan peliharaan, hobi unik mengoleksi perangko dan benda antik hingga hobi mahal seperti olahraga ekstrem paralayang dan travelling ke berbagai belahan dunia. Hobi travelling merupakan hobi yang cukup umum dan digemari banyak orang. Karena travelling tidak harus selalu mahal dan mewah hingga menghabiskan uang banyak, tapi travelling juga dapat dilakukan dengan sekedar mengunjungi berbagai kawasan bernuansa cantik di nusantara atau dengan gaya backpacker.
            Menjadi traveller biasa yang membutuhkan banyak uang atau menjadi backpacker adalah pilihan independen masing-masing individu yang hobi ber-travelling. Kendati demikian, setiap traveller apapun gayanya tetap harus memiliki perencanaan yang matang dan tepat setiap kali melakukan travelling. Perencanaan yang tepat tentu akan sangat membantu para traveller dalam hal penghematan budget, penghematan waktu serta memaksimalkan kepuasan yang diperoleh dari hobi kita. Mungkin pada awalnya perencanaan tersebut terasa agak rumit dan menyita waktu traveller, namun seiring berjalannya waktu dan jam terbang yang tinggi sebagai traveller, niscaya persiapan tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan amat membantu ketika travelling
tips traveling versi ajkarta outdoor, jakarta outdoor, touring

Budget merupakan salah satu hal yang perlu perencanaan matang ketika travelling

Berikut ini adalah persiapan sederhana yang penting untuk para traveller :
1.      Selalu hitung perkiraanbudget yang akan digunakan selama travelling.Budget yang perlu dihitung meliputi ongkos penginapan, ongkos makan, keperluan transportasi, keperluan akomodasi dan tiket masuk tempat wisata serta budget untuk membeli oleh-oleh. Dengan begitu, diharapkan pengeluaran yang membengkak bisa lebih diminimalkan.
2.      Selalu siapkan “dana tak terduga”. Dana tak terduga tersebut besarnya dapat berkisar antara 10% - 30% dari seluruh budget travelling kita. Tujuan dana tak terduga ini adalah untuk jaga-jaga selama di tempat travelling apabila kita memerlukan keperluan tak terduga misalnya saat kita sakit, atau saat budget yang terpakai jumlahnyameleset dari perkiraan kita. Selain itu, menyiapkan kartu ATM juga dapat dilakukan untuk berjaga-jaga saat kekurangan budget.
3.      Jangan membawa barang-barang dengan ukuran yang terlampau besar. bIla kita melakukan travelling ke daerah yang pemandangannya sangat indah, mengabadikanmomen di tempat tersebut memang tak bisa dilewatkan. Tapi, tak perlulah kita membawa kamera SLR, tele, atau tongsis yang dapat membuat kita kerepotan. Kamera digital ukuran saku dengan kapasitas resolusi yang besar sudah cukup untuk mengabadikan momen indah kita di destinasi travelling.
4.      Bawalah berbagai peralatan emergency yang mudah disimpan (portabel) seperti emergency lamp, senter saku, korek api serta power bank untuk telepon selular dan gadget lainnya. Siapa tahu kita membutuhkan barang-barang tersebut di tempat travelling.
5.      Bawalah persiapan makanan dan minuman yang tepat guna. Untuk minuman, bawalah satu termos air dengan kapasitas satu liter, ini dapat menghemat budget untuk membeli air minum. Sementara untuk makanan, bawalah persiapan makanan instan yang siap konsumsi. Makanan instan yang dimaksud disini bukan hanya mie instan dalam cup atau breakfast cereal, melainkan menu lainnya seperti rendang yang sudah dikeringkan, orak arik teri dan tempe serta menu praktis lainnya.
6.      Buatlah dua daftar barang bawaan selama travelling. Daftar yang pertama kita gunakan ketika akan berkemas travelling. Sedangkan daftar yang kedua kita gunakan ketika akan berkemas meninggalkan tempat travelling. Hal ini patut kita lakukan untuk mencegah tertinggalnya barang-barang kita di tempat travelling.
Demikian tips sederhana yang dapat diterapkan oleh para traveller sebagai perencanaan liburan yang tepat. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi para traveller.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar